Senin, 21 Juli 2014

contoh laporan prakerin RPL (rekayasa perangkat lunak) smkn 1 kepanjen 2014








LAPORAN PRAKERIN










NAMA;KHOIRUL AMIN
SEKOLAH:SMKN 1 KEPANJEN
LAPORAN PRAKERIN 2013-2014




KATA PENGANTAR


    Puji sukur kehadirat Allah SWT. Dengan segala kekuasaannya menjadikan kita sebagai mahluk yang paling sempurna di bandingkan mahluk-Nya yang lain. Salawat dan salam senantiasa tetap tercurah kepada baginda kita Muhammad SAW. Kepada keluarganya, sahabat dan seluruh umatnya yang insya Allah kita termasuk salah satu didalamnya.

    Laporan ini saya susun untuk memenuhi nilai selama saya praktek di plaza Telkom kepanjen. Terselesainya laporan ini tidak terlepas dari bimbingan semua pihak. Laporan ini dapat selesai berkat bantuan semua pihak maka dari itu saya ingin mengucapkan banyak terimakasih atas bimbingan selama ini dan tidak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada pak bakir,pak rismapak sunyoto dan semua setaf ataupun karyawan plaza Telkom kepanjen.
   Saya sadar dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan sehingga saya sangat berharap koreksi dan bimbingan dari pihak – pihak yang mendukung terselesainya laporan ini.
















iii

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..iii

BAB I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  ……………………………………………..
B.    Tujuan Praktek Kerja Industri ………………………………      
C.    Maksud dan Tujuan Membuat Laporan Prakerin…………...



BAB II            PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTR
A.    Tata Tertib Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ……………
B.    Kopentensi yang diajarkan ………………………………….
C.    Masalah yang dihadapi dan penanganan masalah ………….

BAB III     TINJAUAN PUSTAKA / LANDASAN TEORI

BAB IV        PENUTUP
A.    Kesimpulan …………………………………………………
B.Saran……………………………………………………
LAMPIRAN – LAMPIRAN









BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
      Setiap siswa lulusan SMKN 1 kepanjen dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMKN 1 kepanjen biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha / industry. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMKN 1 kepanjen mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum mamasuki dunia usaha tersebut nyata setelah lulus sekolah.
      Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian hasil Direktorar Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelengara di SMKN 1 kepanjen belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belim kondutif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industry/perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan.

B.     Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
      Praktik Kerja Industri merupakan penyelenggaraan pendidikan danpelatihan melalui pengalaman kerja pada bidang profesi tertentu untuk para siswa SMK dengan maksud dan tujuan Prakerin adalah sebagai berikut :
1)      Meningkatkan, memantapkan dan memperluas wawasan dan pengetahuan yang sudah diperoleh selama kegiatan belajar di kelas guna membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya.
2)   Menumbuh kembangkan serta membina sikap profesionalisme yang diperlukan untuk memasuki dunia / lapangan kerja yang sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya.
3)   Meningkatkan pengenalan dan kemampuan siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja seperti : Struktur organisasi usaha, assosiasi usaha, Jenjang Karier, Manajemen Usaha, Pelayanan Usaha,Operasi Produksi (baik Jasa maupun Barang) dan lain-lain.
4)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memasyarakatkan diri pada suasana kerja, seperti sebagai pekerjan/karyawan, usaha mandiri (wirausaha) yang berkaitan dengan disiplin ilmunya.
5)      Meningkatkan dan memantapkan kemampuan siswa dalam penyerapan teknologi baru

C.     Maksud dan Tujuan Membuat Laporan
        Maksud dan tujuan laporan ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat kenaikan kelas yang insya Allah dengan baik tanpa kurang satu syarat pun dalam pelaksanaan tersebut, dan sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan Pratik Kerja Industri (PRAKERIN) tanpa membuat kesalahan besar.



BAB II
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI


A.    Gambaran Umum Perusahaan/Instasi
PLASA TELKOM KEPANJEN

A.  Tata Tertib Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
1.      Waktu kerja peserta paktek kerja industri adalah pada hari kerja mulai hari senin sampai dengan hari jum’at (lima hari kerja dalam satu minggu).
2.      Jam kerja dan jam istirahat adalah sebagai berikut :
·         Senin sampai Kamis          : Pukul 07.00 - 15.30 WIB.
·         Istirahat                             : Pukul 12.00 - 13.00 WIB.
·         Jum’at                               : Pukul 06.00 - 15.00 WIB.
·         Istirahat                             : -
3.      Berpakaian seragam lengkap
4.      Ijin tidak masuk karena sesuatu hal harus memberitahu secara tertulis kepada pembimbing dari perusahaan.
5.      Ijin sakit harus ada bukti surat keterangan sakit dari Dokter.
6.      Tidak di perkenankan keluar dari kantor pada waktu jam kerja.
7.      Peserta wajib mematuhi penempatan yang telah ditentukan oleh bagian DIKLAT dan selanjutnya melakukan koordinasi dengan pembimbing dari perusahaan.
8.      Sanksi : Teguran jika siswa prakerin melakukan kesalahan atau diberhentikan dari kegiatan PRAKERIN dengan pemberitahuan kepada sekolah yang bersangkutan.

B.   Kopentensi yang diajarkan
Kopentensi  yang diajarkan selama Prakerin adalah :
·         Membuka Microsoft Word, Microsoft Exel dan mengoprasikannya
·         Menginstal aplikasi
·         Mencari file yang dibutuhkan di internet
·         Menulis surat masuk



C. Masalah yang dihadapi dan penanganan masalah
Masalah yang dihadapi selama Prakerin :
·         Terkadang yang kita kerjakan selama prakerin jauh dari metode yang diajarkan disekolah
·         Komputer dikantor masih banyak yang mengunakan Windows Xp spesifikasinya berbeda sehingga membuat computer lemot.
Penanganan Masalah
:·         MenScan komputer dengan Anti Virus yang ada .ataumengistal anti virus kembali.





BAB V
PENUTUP


A.    Kesimpulan
1.      Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi kami. Dengan adanya kegiatan prakerin ini kami di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga kami  diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2.      Prakerin merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi. di sini sekolah kami SMKN 1 kepanjen bekerja sama dengan telkom,untuk melaksanakan prakerin atau tugas industry.sehingga kami dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
3.      Prakerin dapat menunjang kami untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional.

B.     Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksanaan Prakerim yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain:
1.      Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Prakerin dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.

 Demikian Laporan Prakerin ini kami sampaikan,







Tidak ada komentar:

Posting Komentar